Alih Wahana

In Time

Di masa depan manusia akan berhenti menua pada usia 25 tahun, tetapi direkayasa untuk hidup hanya satu tahun lagi, memiliki sarana untuk membeli jalan keluar dari situasi ini adalah kesempatan bagi pemuda abadi. Di sini, Will Salas mengetahui dirinya dituduh melakukan pembunuhan dan pelarian dengan membawa sandera - koneksi menjadi bagian penting untuk melawan sistem.

Pada tahun 2169, kita diberitahu, bahwa sains telah berhasil merekayasa kehidupan manusia sehingga, begitu orang mencapai usia tertentu, tubuh mereka berhenti tumbuh. Ini mungkin hal yang paling di inginkan manusia, namun ada harga yang harus di bayar. Pada saat usia menginjak 25 tahun, jam waktu mulai tertanam di lengan yang menghitung mundur selama satu tahun. Ketika jam mencapai nol, orang tersebut akan mati. Keadaan dunia telah diciptakan untuk menangani masalah kelebihan populasi. Meskipun itu juga memperkenalkan gagasan bahwa ketika harga naik, orang-orang yang tak mampu mengikuti inflasi waktu akan lebih cepat mati.

Gagasan ini tidak berhenti di situ. Definisi orang kaya dan orang miskin memiliki makna baru dalam hal waktu. Waktu adalah mata uang, cukup sederhana. Dengan kata lain, orang kaya dapat membeli lebih banyak waktu untuk meningkatkan rentang hidup mereka jika mereka mau. Orang miskin bekerja untuk mendapatkan waktu yang digunakan untuk menukar barang-barang umum seperti minuman dan makanan, barang elektronik, tagihan, dan lain- lain. Semuanya dibayar menggunakan waktu yang tertanam di lengan. Gagasan pertama saya adalah ide cemerlang. Hal ini membuat manusia harus lebih keras lagi dalam bekerja untuk memperoleh waktu untuk bertahan hidup.
Tentu saja kejahatan juga merupakan masalah sosial yang juga dapat terjadi. Dengan penjahat yang mencuri waktu dari orang lain untuk meningkatkan keberadaan mereka sendiri. Untuk mengatasi sekaligus menjaga waktu, dibutuhkan sebuah organisasi yang bertugas untuk menjaga waktu, menyelidiki kasus terkait waktu, mengawasi kegiatan waktu, menangkap tersangka pencurian waktu untuk diadili, dibentuklah “penjaga waktu” yang bertugas untuk itu semua.

Raymond Leon adalah seorang yang memimpin “penjaga waktu” yang mengawasi kegiatan waktu. Faktanya dia sudah melakukannya selama lebih dari 50 tahun. Timnya mengatur waktu melalui grid yang melacak bagaimana orang-orang melakukan pertukaran atau pembelian waktu. Dunia diatur ke dalam zona waktu di mana sebuah kawasan yang disebut New Greenwich menjadi tempat terkaya di negara itu. Kelas pekerja yang miskin ditempatkan pada zona waktu yang berbeda yang seringkali harus bekerja keras untuk memperoleh waktu yang tidak banyak.

Will Salas adalah salah seorang yang digolongkan kelas pekerja. Ia  tinggal di Ghetto. Dia bekerja untuk hak istimewanya, membayar tagihannya dan mencoba hidup dengan niat baik. Ketika dia membantu seorang pria yang membutuhkan yang akan dirampok, dia diberikan waktu satu abad sebagai hadiah karena telah menolongnya. Will  mengetahui bahwa mereka yang telah hidup dalam waktu yang sangat lama menemukan bahwa mereka secara mental menjadi kelelahan dan berharap untuk benar-benar merasakan kematian. Dengan kata lain, mereka lelah, dan sudah cukup melihat banyak hal seumur hidup. Ketika Will Salas tiba-tiba diproyeksikan ke umur panjang, ia menemukan bahwa ia memiliki sesuatu yang bernilai bagi orang lain - terutama pencuri.

Will berencana pergi meninggalkan Ghetto menuju ke zona waktu yang lain atau new greenwich untuk menikmati sedikit hadiah kehidupan yang ia peroleh. Suatu waktu ia pergi ke kasino dan bertemu dengan pewaris kaya Sylvia Weis . Sylvia mengundangnya ke pesta di rumahnya dan Will membeli mobil sport dan mengarahkan dirinya menuju pesta tersebut. Namun di tengah pesta tersebut, para penjaga waktu yang di pimpin Raymond Leon menangkap will atas tuduhan pencurian waktu. Disaat para penjaga waktu lengah, will berhasil meloloskan diri ke Ghetto dan membawa Sylvia sebagai sandera dan menuntut tebusan 1.000 tahun untuk diberikan kepada mereka yang putus asa menjalani hidup di Ghetto. Namun ayah Sylvia menolak tuntutan tersebut. Sesaat setelah itu, Mereka disergap Raymond, yang ditembak Sylvia di lengan guna melindungi Will. Mereka mencuri mobilnya dan Will memberi Raymond cukup waktu bertahan hidup. Will dan Sylvia terlibat dalam kontroversi besar-besaran yang terjadi sepanjang waktu yang mengakibatkan mereka berdua sepakat melakukan tindakan heroik melalui niat buruk untuk menolong orang-orang yang membutuhkan waktu.

Sylvia dan Will merampok bank waktu Weis, memberikan kapsul waktu tambahan terhadap yang membutuhkan. Pasangan tersebut segera menyadari mereka tidak bisa mengubah apa pun secara signifikan, sebab New Greenwich hanya menaikkan harga di Ghetto. Sehingga mereka merampok gudang Weis dari kapsul 1 juta tahun. Raymond pun mengejar mereka menuju ke Ghetto namun terlambat untuk menghentikan mereka untuk mendistribusikan waktu yang dicuri. Dia berniat menghentikan warga Ghetto yang melarikan diri, namun dia kehabisan waktu. Laporan tv menunjukkan pabrik-pbarik di Ghetto tutup, sebab semua orang punya cukup waktu dan meninggalkan pekerjaan mereka untuk pergi ke New Greenwich.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nasi Lengko Khas Cirebon Dapat Dinikmati Di Kota Bogor